Senin, 06 April 2009

MODUS KEJAHATAN? APA ITU?

Modus Kejahatan? Apa itu?

Saya bukanlah seorang ahli bahasa yang baik dan mempunyai pendidikan khusu dalam bidang tersebut, mari kita bedah!
Modus Kejahatan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Wikipedia Indonesia dapat memiliki arti sebagai berikut:

Versi KBBI
Jika kita menggunakan situs KBBI sebagai acuan kita untuk mendapatkan arti dan pemahaman mengenai sebuah kata dalam bahasa Indonesia, maka kita akan diberi 3 (tiga) pilihan kategori ketika akan melakukan pencarian terhadap sebuah kata dasar tertentu. yaitu : Sama dengan, Diawali dan Memuat. Saya juga menggunakan ketiga kategori tersebut untuk melakukan pencarian.

Kata "modus"

Berikut adalah hasil dari pencarian arti kata modus di situs KBBI dengan menggunakan kategori Sama dengan, Diawali dan Memuat menghasilkan 1 (satu) result yang arti dan isinya sama.
modus
mo-dus n 1 cara; 2 Ling bentuk verba yang mengungkapkan suasana kejiwaan yang sehubungan dng perbuatan menurut tafsiran pembicara tt apa yang diucapkannya; 3 nilai yang paling besar frekuensinya dl suatu deret nilai; 4 angka statistik yang paling sering muncul di populasi atau sampel;
-- operandi modus operasi; -- operasi cara atau teknik yg berciri khusus dr seorang penjahat dl melakukan perbuatan jahatnya:

Kata "kejahatan"
Berikut adalah hasil dari pencarian arti kata kejahatan di situs KBBI dengan menggunakan kategori Sama dengan, Diawali dan Memuat menghasilkan 1 (satu) result yang arti dan isinya sama.
kejahatan
Tidak menemukan kata yang sesuai dengan kriteria pencarian!!!

Tapi ketika saya mengetikkan kata jahat sebagai kata dasar dari kejahatan


dengan menggunakan kategori Sama dengan, Diawali dan memuat menghasilkan 1 (satu) result yang arti dan isinya sama.

jahat
ja-hat a sangat jelek, buruk; sangat tidak baik (tt kelakuan, tabiat, perbuatan): orang itu -- hatinya, suka sekali menghina orang yang tidak mampu
ke-ja-hat-an n 1 Huk perbuatan yg jahat: korupsi, merampok dan mencuri merupakan ~ yang melanggar hukum; 2 sifat yang jahat; 3 dosa: hindarilah dirimu dr berbuat ~ di dunia ini; 4 perilaku yg bertentangan dng nilai dan norma yang berlaku yg telah disahkan oleh hukum tertulis; ~ kerah putih tindak pidana yg dilakukan oleh pegawai yg berprofesi, dr pemerintah atau swasta, untuk kepentingan pribadi atau golongannya (korupsi, penyalahgunaan tender, dsb); ~ pers tindak pidana yg bersangkut-paut dengan pers

Versi Wikipedia
Sedangkan sebagai sebuah situs yang berisi referensi terbuka (siapa saja boleh memberikan masukan terhadap content-nya), maka pencarian di Wikipedia tentu saja tidak se-komprehensif bila melakukan pencarian di KBBI

Hasil pencarian dari Wikipedia adalah sebagai berikut :

Modus dalam ilmu lingustik konsep bahwa dalam banyak tata bahasa,ada sesuatu yang mendeskripsikan hubungan antara sebuah karta kerja dengan realitas dan intensi. Banyak bahasa yang mengungkapkan perbedaan modus dengan bentuk perubahan morfologi atau dengan infleksi kata kerja.

Kejahatan

Ketika saya mengetikkan kata kejahatan maka data yang muncul adalah sbb:

Kriminalitas
Dari Wikipedia bahasa Indonesia
(dialihkan dari kejahatan)

Kriminalitas atau tindak kriminal segala sesuatu yang melanggar hukum atau sebuah tindak kejahatan. Pelaku kriminalitas disebut seorang kriminal. Biasanya yang dianggap kriminal adalah seorang maling atau pencuri, pembunuh, perampok dan juga teroris. Meskipun kategori terakhir ini agak berbeda karena seorang teroris berbeda dengan seorang kriminal, melakukan tindak kejahatannya berdasarkan motif politik atau paham.

Selama kesalahan seorang kriminal belum ditetapkan oleh seorang hakim, maka orang ini disebut terdakwa. Sebab ini merupakan asas dasar sebuah negara hukum: seseorang tetap tidak bersalah sebelum kesalahannya terbukti. Pelaku tindak kriminal yang dinyatakan bersalah oleh pengadilan dan harus menjalani hukuman disebut sebagai terpidana atau narapidana.
Jadi jika saya artikan dengan gaya saya sendiri dan saya memandangnya lebih cenderung melalui kaca mata hukum, modus kejahatan adalah cara atau teknik yg berciri khusus dari seorang atau kelompok penjahat dalam melakukan perbuatan jahatnya yang melanggar hukum dan merugikan orang lain, baik sebelum, ketika, dan sesudah perbuatan kriminal tersebut dilakukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tuliskan komentar anda agar kita bisa saling berbagi. Untuk email silahkan kirim ke modus.kejahatan@gmail.com
Silahkan copy paste dengan syarat menuliskan sumber atau alamat Blog ini

Tulisan yang berkaitan

 

TULISAN TERBARU

Pengikut

KOMENTAR TERBARU