Rabu, 08 April 2009

MODUS KEJAHATAN STREET CRIME GEMBOS BAN

Jakarta oh Jakarta, tempat berjuta orang mengadu nasib. Dimana saja kita berada, selalu saja ada para pelaku kriminal yang mengintai kita dengan berbagai modus operandi. Awalnya kita berpikir di tempat yang ramai, kita akan aman dan terhindar dari aksi kejahatan, ternyata tidak. Modus hipnotis, geser tas termasuk modus yang digunakan di tempat ramai. Kalau di tempat ramai saja rawan, apalagi di tempat yang sepi? Iya kan? Kapak merah dan congkel spion termasuk aksi kejahatan yang Pelakunya tergolong nekat karena beraksi di tengah-tengah kemacetan.

Street crime adalah sebutan untuk segala macam aksi kejahatan yang terjadi di jalan raya. Modus gembos ban salah satunya, modusnya termasuk rapi karena dibungkus dengan cara seolah-olah para pelaku (biasanya dilakukan lebih dari 2 orang) peduli dengan memberitahukan bahwa ban kita gembos, kempes atau bocor.

Modus yang gembos ban adalah salah satu modus street crime yang sering terjadi. Ketika Anda sedang mengendarai mobil akan ada seseorang yang memberitahukan Anda bahwa ban sebelah kiri mobil Anda bocor atau kempes.


Ketika Anda turun dari mobil dan memeriksa ban sebelah kiri, maka pelaku lainnya akan menghampiri dan dengan hati-hati membuka pintu mobil sebelah kanan kemudian mengambil barang-barang berharga yang ada di dalam mobil Anda ketika Anda sedang memeriksa ban sebelah kiri atau ketika Anda sedang menggantinya dengan ban cadangan. Ketika Anda telah selesai memeriksa atau mengganti ban yang bocor, Anda baru menyadari bahwa barang berharga yang ada di dalam mobil Anda telah dicuri.

Cat : Biasanya pelaku menggunakan ranjau paku dari jari-jari payung yang memiliki rongga, sehingga ban tubless pun akan langsung kempes. Padahal jika terkena paku biasa, membutuhkan waktu yang lama, sampai angin di dalam ban benar-benar habis

Tips jika kejadian ini menimpa Anda:

1. Ketika ada yang memberitahukan bahwa ban sebelah kiri mobil Anda kempes atau bocor, jaga laju kendaraan Anda, jangan langsung berhenti carilah kantor polisi terdekat untuk memeriksanya. Jika terjadi siang hari, biasanya di tiap perempatan besar ada Anggota Lantas.

2. Jika tidak ada kantor polisi di sekitar lokasi, arilah tempat yang ramai dan Anda anggap aman, kemudian jika memungkinkan, hubungi teman atau saudara agar datang ke tempat Anda dan menemani untuk ganti ban. Atau minta tolong warga sekitar untuk menemani Anda mengganti ban cadangan.

Masih banyak modus street crime lainnya. Mau? Nantikan Postingan saya berikutnya. INGAT!!! NIAT + KESEMPATAN = KEJAHATAN. Dengan Anda mengetahui berbagai modus kejahatan yang ada, Anda bisa memperkecil bahkan menghilangkan unsur KESEMPATAN sehingga para pelaku kejahatan tidak bisa beraksi dan Anda tidak menjadi korban.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tuliskan komentar anda agar kita bisa saling berbagi. Untuk email silahkan kirim ke modus.kejahatan@gmail.com
Silahkan copy paste dengan syarat menuliskan sumber atau alamat Blog ini

Tulisan yang berkaitan

 

TULISAN TERBARU

Pengikut

KOMENTAR TERBARU