Kamis, 19 Maret 2009

PENIPUAN; PASAL 378 KUHP

Pasal 378 KUHP merumuskan sebagai berikut:
"Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat ataupun dengan rangkaian kebohongan menggerakkan orang lain untuk menyerahkan


sesuatu benda kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama 4 tahun."

34 komentar:

Distributor Pulsa Elektrik Murah mengatakan...

Ini dia neh. Maksimal 4 thaun penjara yah

daniel mengatakan...

Benar, kalau dari cara anda menulis, sepertinya anda pernah menjadi korban ya?

Anonim mengatakan...

pidana penipuan dalam keseharian seringkali terjadi,biasanya pihak korban kesulitan dalam mengambil solusinya.hal ini memerlukan tindakan pro aktif perangkat setempat beserta penegak hukum dengan memberikan pelayanan jemput bola(tidak menunggu laporan),memberi fasilitas perlindungan,mengamankan pelaku,melakukan pembinaan/upaya dialog dan penindakan bila terpaksa.

topan_jalang@yahoo.com mengatakan...

steven and coconut treez - Bebas Merdeka

Banyak yang bertanya
aku ini mau jadi apa?
nggak kuliah juga nggak kerja
tapi kujawab inilah aku apa adanya

yang penting aku gak nipu
gak bikin susah kalian
yang penting gak terlibat
3, 7, 8 ….

oh jadi 378 itu emang pasal penipuan ya
thanks

Anonim mengatakan...

kalo mau memberi pinjaman (utang piutang) jangan lupa dibikin perjanjian tertulis. perjanjian bawah tangan boleh,notariil boleh.
yang penting ada identitas lengkap para pihak, jelas berapa hutang, kapan harus bayar, berapa biaya, bunga, & denda kalo telat bayar, bagaimana kalo tjd wanprestasi, penyelesaian secara hukum.
minta copy ktp lawan janji, minta beberapa alamat & no tlp (kerabat, ortu, teman, dsb) lawan janji.
lebih aman lagi minta jaminan: sertifikat.
kalopun kita enggak pegang sertifikat asli, cuma copy aja, kita laporkan ke kantor pertanahan bahwa tanah tsb (lampirkan copy sertitikat) sedang jadi jaminan perorangan di kita. jadi enggak bisa dipindahtangankan tanpa izin kita selaku pemegang hak.
selamat berhati-hati, jangan sampai tertipu!

Anonim mengatakan...

san chi pa

Anonim mengatakan...

Masyarakat sering sulit membedakan antara 378 KUHP dengan wan prestasi yang dimasukkan dalam kategori perdata,.

Jadi tidak semudah itu, harus terpenuhi unsur unsur 378 KUHP,.

ibe mengatakan...

MAU TANYA MISAL NYA KITA BEROBAT KERUMAH SAKIT
TRUS TIBA2 KIta disuruh bayar yang harganya kita sendiri gag nyangka segitu
abisa dikategorikan penipuan gag?

Anonim mengatakan...

tanya gan,

apa jika sudah dipenjara makautang dianggap lunas ?

trims

Anonim mengatakan...

klo mengadakan arisan dgn nama anggota sebagian fiktif, bisa diancam pasal 378 gak? cos sy termasuk salah satu anggota arisan yg tdk dibyr, pelaku berani menantang ,klo arisan yg tdk dibyr adalah kasus perdata, mohon direply bro, korbannya lbh dari 10 orang,thx

Anonim mengatakan...

Mau Tanya Gan,

Orang tua saya terjerat pasal 378, kronologi nya sekitar 1 tahun yang lalau tejadi jual beli tanah. Pada saat itu orang tua saya baru selesai mengobatan kanker stadium 4. Pada saat pembeli datang, orangtua saya sudah mengatakan bahwa sertifikat masih di cari dan pada saat itu orang tua saya tidak mau menerima uang tersebut. Tetapi pembeli memaksa orang tua saya menerima uang tersebut, setaun berlalu orang tua saya di laporkan ke kepolisian dengan pasal 378 ini, sekarang ini Sertifikat telah berada di tangan polsi sebagai barang sita dan selama BAP pun saya telah menunjukan bukti bahwa orang tua saya pada 1 tahun yang lalu memang tidak dalam keasanggupan fisik untuk mencari sertifikat tersebut. Tetapi status tersangka tetap di kenakan kepada orang tua saya, apa memang dengan bukti dari rumah sakit yang menyatakan ketidaksanggupan orang tua saya secara fisik untuk mencari sertifikat dapat di abaiakan oleh pihak kepolisian?.

Terima kasih sebelumnya

aplikasi android mengatakan...

oh ini ya maksuda dari lagu "steven - bebas merdeka"
ada yg lirik gini: " . . . yang penting ga terlibat 378"

hehee...
thanks

Anonim mengatakan...

menurut pengalaman saya tentang jual beli tanah, orang tua anda tetap tekena pasal tersebut karena jika pun dia tidak sanggup mencari, bisa mewakilkan pada orang lain (keluarga) untuk mencari. coba anda bayangkan bagaimana perasaan dan pikiran korban yang telah membayar tetapi sampai satu tahun tidak ada kejelasan?? saya rasa anda akan melakukan hal yang sama. melapor pada polisi.

Hery Harta Kusumah mengatakan...

saya melakukan penipuan, sudah BAP tp saya berniat membayar pd si korban, apakah tetap terjerat pasal?

Anonim mengatakan...

saya mau tanya apaka kasus utang piutang selama 3 tahun belum di byr di kategorikan penipuan dengan barang bukti selembar kwitansi dengan perjanjian sementara.................

Anonim mengatakan...

Sy may tanya, kerabat sy meminjam uang 20 jt pada teman sy tanpa jaminan apa2. teman sy tinggal di Papua sdgkan kerabat sy di Surabaya. Uang tsb untuk pencairan proyeknya di Malaysia, karena kerabat sy harus membuka rekening baru utk pncairan di Malaysia, maka kerabat sy dikenakan cas pihak bank malaysia sbsr 70jt krn nilai cek yg akan ditrima hmpir 4milyar lbh. krn kerabat sy ksulitan keuangan utk biaya pmbuatan rekening baru di bank malaysia, maka saudara sy smpai skrg msh mncari dana utk pncairan tsb di bank malaysia, akan ttp teman sy di Papua ingin mlaporkan kerabat sy pada polisi. Apakah kerabat sy kena pidana?

andriyas mengatakan...

gan saya mau tanya kemaren saya kena tipu,, dari sales, korbany smentara baru 2 orang saya dan teman saya,, jadi kronologisny gini gan,, sy kan jualan aksesoris hp beberapa hari ini ada orang yg cari screen guard magnetic, sekitar 1mingguan ada sales dateng nawarin barang screen guard magnetic pertama saya ambil 7bungkus per bungkusnya isi 20pcs, setelah salesny pergi ada orang dateng cari screen guard magnetic dan orang itu minta pertama 30bungkus, setelah tu sy tlp sales yg tadi terus sy pesan lagi 100bungkus,, setelah salesnya dateng ngasih barang sama sy ngasih uang,, eh ternyata yg pesan itu adalah komplotan dia biar sy ngambil banyak dan di tempat teman sy juga kayak gitu,,,

penipuany:
- salesny katanya dari toko global pratama beralamat di jogja setelah saya cek toko itu gak ada...
- dia menipu dengan syarat sy membeli barang dia jika saya beli 100bungkus maka sales tersebut tidak akan menjual di toko lain 1 wilayah dengan saya kenyataany dia jual di teman saya

apakah saya bisa jerat dia dengan pasal 378?
makasih ya gan......

usep_sugandi mengatakan...

Sebulan yang lalu sy beli mobil baru. Awalnya ada sales dari dealer yg datang ke rumah menawarkan mobil dg DP Rp 71jt angsurannya Rp 11,2jt x 11 bln. Sy setuju dan menyerahkan DP tsb ke sales itu serta menandatangani kwitansinya. Seminggu yg lalu sy ketahui dari dealer ternyata DP yg diserahkan sales tsb Rp 50jt-an (bukan 71jt). Jadi sales tsb mengambil 21jt-an. Menurut pihak dealer kalau angsurannya 11,2jt seharusnya DPnya 50jt-an; dan jika DPnya 71jt-an angsurannya 9jt-an. Apakah sales tsb bisa dikenakan pasal 378 KUHP dengan modus membohongi pembeli (walaupun sy sudah setuju dan menandatangni kwitansinya)?
Thx...

Anonim mengatakan...

dtmpt gw lg ad arisan yg gk dbyr pengelolanya, alesanny sich pemain banyak yg gk byr,stlah dcek ternyata bnyk nama fiktif,nich termasuk penipuan gk?

Anonim mengatakan...

378 = san zi pa cau

Theo pasaribu mengatakan...

wkwkwk

hunter mengatakan...

bro...gimanamih,kalau yang di tipu ngak punya bukti yang kuat hanya ada saksi aja gitu apa bisa untuk menjerat si penipu dengan hukum....?

Michel T.I. Siahaan, S.H. mengatakan...

@andriyas: prinsipnya sih bs dikategorikan 372..laporkan saja selama didukung bukti..
@usep_sugandi: klo menurut saya kasus anda itu memang pidana tp tidak tepat apabila menggunakan pasal 378 melainkan 372 ttg Penggelapan..

raka aeulea mengatakan...

selingkuh termasuk 378,gak...???

obat pelangsing cepat mengatakan...

ini yang saya cari...pasal 378...karena penipu apalagi di transaksi ONLINE....sangat rentan terjadi..

Anonim mengatakan...

Gan yth, numpang tanya ? Apakah kasus utang piutang yang sudah lebih kurang 2 thn lebih tdk di bayar dapat di jerat dengan kuhp penipuan dengan bukti hanya berupa kwitansi saja , dan unsur apa saja yang bisa menjerat sipelaku penipuan tersebut gan? Serta perlu bukti apa aja yaa gan untuk melengkapi berkas dari penipuan tersebut?? Mohon pencerahannya gan soalnya suasana sudah mulai panaz di saat nagihnya gan, terimakasih. Klo boleh bisa ndak posting ke email saya gan di illah_2@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

Gan mau tanya donk,

tiba" ad cwe ngaku" adik'y cwo q tp sbnry it bkn,trs dy jg menggunakan nama palsu dan trakhir in dy ngacem q mau bawa polisi krmh q dan dy bilang sudah nikah sm cwo q.

it smua trmaksud penipuan bukan??

Yoppie Ardianto mengatakan...

Dlm jual beli mobil,saya mempunyai terano 97 dan kemudian saya tuker tambah dng ford ranger..dng kondisi saya betulin kopel dan bosch pump..tp ternyata kondisinya sangat parah dan kemudian saya berusaha tuker dng mobil yg lain krn dlm jual beli tsb tdk disertai fc faktur ranger..dia berusaha mengelak..bisakah dikenakan sanksi penipuan?

Yohanes Yoan N mengatakan...

Permisi gan, mau tanya, kalo teman dari kaka saya menawarkan investasi utk penjualan barang, lalu saya inves 3jt dengan janji si pelaku membayar keuntungan 1 minggu 250rb, ternyata barang tidak kejual & uang saya yg 3 juta tidak dibayar2, bisa dikenakan sangsi gak? Saya mau usut tapi tidak ada bukti, hanya kaka saya sebagai saksi, mohon pencerahannya gan, terimakasih. #Yohan

hendrix mengatakan...

mengapa di negara kita pembuka cek/giro kosong yg kena pasal 378 sangat susah dihukum? kenapa juga pasal 378 ancaman hukumannya cuma maksimal 4 tahun, sehingga si pelaku begitu dilaporkan korban tidak dapat langsung "ditahan"??

sultan turunan mengatakan...

yth aku mau tanya,aku kena tipu oleh pelangan ku.cuma aku g ada bukti cma ada saksi,bsa masuk pasal 378 kuhp,thank ,,,,,,

sultan turunan mengatakan...

frand ada oknom polisi mengatakan aku menipu,cma bukti dan saksi g ada ,gmana tu frand,,,,,

Jamiyah vorvo mengatakan...

Pasal berapa dari KUHP yg bisa menjerat dukun bejat yg menyarankan para pasien wanitanya untuk bersetubuh dengannya jika ingin awet muda walau dilakukan dg suko-$amo suko..! Namun pd akhirnya para wanita tersebut melaporkan ke polisi dengan tuduhan perkosaan dan merasa telah ditipu karena kecantikannya tidak bertambah.
selaku penegak hukum, apa yg mesti dilakukan terhadap dukun tersebut yg di dampingi pengacara handal dan membantah telah melakukan perkosaan. Karena hal itu di lakukan berkali-kali dg dukun bejat tersebut bersama pasien wanita-wanitanya. Apa dasar teorinya, pasal mana yg anda terapkan atau membiarkan dia lepas dari jeratan hukum?

Anonim mengatakan...

Mohon info.
Ada sebidang tanah waris yang sedang diurus untuk di jual. Dan di tunjuk 1 orang untuk pengurusan surat2 tanah tersebut, karena surat yang asli hilang saat terjadi kebakaran. Ahli waris asli ada 8 orang. Namun 5dari 8 ahli waris tersebut sudah meninggal dunia, dan hak waris yang meninggal jatuh ke anak nya. Sehingga membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit untuk pengurusan. Sampai pada waktu pengurusan, ada calon pembeli yang datang menawar rumah tersebut, namun karena ada beberapa ahli waris yg tidak mau menjual tanah tersebut, pengurusan surat menjadi terhalang dan berlarut2. Sampai akhirnya calon pembeli mundur. Nah, ada beberapa orang dari ahli waris tsb yang mengatakan kalau dia telah ditipu oleh orang yg mengurus surat. Karena sampai sekarang dia belum terima uang dari pembagian waris tsb.
Point pentingnya,
1. tanah waris tsb sampai saat ini belum terjual, krn terbentur biaya pemecahan pbb dan akta notarisnya.
2. Yang merasa ditipu mengirimkan sms berupa ancaman kepada si pengurus surat.
Pertanyaannya.
1. Apakah si pengurus surat bisa dikatakan sebagai penipu?
2. Apakah si pengirim sms bisa dikenakan pasal tentang ancaman?
Terima kasih atas jawabannya.

Poskan Komentar

Silahkan tuliskan komentar anda agar kita bisa saling berbagi. Untuk email silahkan kirim ke modus.kejahatan@gmail.com
Silahkan copy paste dengan syarat menuliskan sumber atau alamat Blog ini

Tulisan yang berkaitan

 

TULISAN TERBARU

Pengikut

KOMENTAR TERBARU