Jumat, 20 Maret 2009

MODUS PURA-PURA KESASAR / BERTANYA ALAMAT

Salah satu modus kejahatan lainnya yaitu dengan bertanya alamat atau kesasar, kelompok ini beranggotakan sekitar 4-5 orang yang kemudian dipecah jadi 2 tim yang mempunyai pembagian tugas masing-masing.

Tim pertama biasanya mengaku orang jauh,ada juga yang berpura-pura menggunakan logat melayu yang kental biar dikira orang dari negara jiran Malaysia berjumlah 2-3 orang menggunakan mobil pribadi dengan Plat Nomor luar daerah (bisa mobil rental/ menggunakan Plat Nomor palsu). Mereka akan menanyakan alamat suatu tempat kepada Calon Korban, biasanya mahasiswi/wanita. Kenapa wanita? Mungkin para wanita mempunyai jiwa kepedulian yang tinggi dan mudah diperdaya biasanya juga memakai perhiasan yang mencolok,anting-anting, kalung, gelang dan HP keluaran terbaru ditenteng-tenteng,bukan di simpan di dalam Tas. Tempat/alamat yang ditanyakan biasanya Universitas yang memiliki beberapa kampus, seperti UI yang mempunyai kampus di Salemba dan Depok, Gunadarma, dsb. Jadi Pelaku yang mencari calon korban di UI Depok akan mengaku sedang menuju UI Salemba tapi kesasar ke Depok. Jika calon korban tertipu kata-kata mereka, maka


dia terketuk hatinya untuk membantu menjelaskan rute bahkan dengan rayuan sedikit imbalan rupiah, korban akan ikut naik ke mobil ketika diminta Pelaku untuk menghantarkan ke UI Salemba. Di tengah jalan harta korban akan dipreteli/dirampok, jika korban menggunakan pakaian yang seksi dan mengundang birahi para Pelaku, mungkin juga akan diperkosa,bahkan untuk menghilangkan jejak Korban dibunuh.

Bagaimana jika ketika Pelaku sedang menanyakan alamat dan minta diantarkan tapi calon korban terlihat ragu-ragu?

Tim kedua beranggotakan 2 orang (salah satunya perempuan/ibu-ibu), biasanya naik motor dan memantau dari jauh akan beraksi. Ketika calon korban terlihat ragu,kemudian ada ibu-ibu yang lewat dan bertanya ada apa? Kemudian terjadilah perbincangan yang intinya si ibu menyarankan dan merayu agar calon korban mau mengantarkan ke UI Salemba karena kasian sudah datang dari jauh dan kesasar tidak tahu jalan Jakarta.

Tips
1. Jangan berjalan sendirian, apalagi di tempat sepi.
2. Jangan menggunakan perhiasan yang mencolok/berlebihan.
3. Jangan menggunakan pakaian yang seksi yang bisa mengundang Penjahat yang awalnya niat merampok,jadi tergiur untuk memperkosa Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar anda agar kita bisa saling berbagi. Untuk email silahkan kirim ke modus.kejahatan@gmail.com
Silahkan copy paste dengan syarat menuliskan sumber atau alamat Blog ini

Tulisan yang berkaitan

 

TULISAN TERBARU

Pengikut

KOMENTAR TERBARU