Minggu, 29 Maret 2009

MODUS PENCURIAN DENGAN CARA GESER TAS

Anda jangan berpikir bahwa kejahatan hanya terjadi di jalanan, ditempat sepi saja. Di tempat yang ramai seperti Mall, Super Market, Hyper Market atau apalah namanya juga di Hotel Bintang 5 bahkan sampai Bintang 7 He he he.... Bahkan kelompok ini melakukan askinya di tempat terbuka seperti Cafe, A&W, Mc D, KFC atau apapun namanya dimana biasanya banyak petugas keamana/security yang banyak berkeliaran.
Kelompok ini sangat cepat dalam melakukan aksinya dan sangat rapi dan sangat terorganisir dengan baik. Kelompok ini biasanya merupakan Kelompok pecahan dari Pasar Senen. Mereka biasanya mengincar wanita karir yang sedang duduk di Cafe karena saat itu biasanya korban akan melepaskan penatnya dan santai sejenak sehingga tidak memperhatikan situasi di sekitarnya dan meletakkan Tas kerjanya di atas kursi. Dalam Kelompok ini biasanya ada salah satu anggotanya yaitu wanita setengah baya sebagai aktor utama atau pengalih perhatian. Tapi komplotannya juga sudah berpencar di sekitar lokasi sambil mengawasi.

Begini modusnya:

Seorang wanita sebagi pengalih perhatian akan

duduk di depan atau di seberang Anda sambil melihat ke arah Anda. Ini adalah kode atau tanda buat komplotannya bahwa Anda adalah Mangsa. Kemudian biasanya wanita tersebut akan mendekati Korban dan menanyakan tentang suatu hal untuk mengalihkan perhatian Korban. Biasanya menanyakan "Pukul berapa sekarang?" Ketika Anda akan menjawabnya, secara otomatis anda akan melihat jam tangan di pergelangan tangan Anda. Pada saat yang bersamaan Pelaku lainnya yang ada di belakang Anda akan menggeser Tas Anda. Kemudian Dia akan memberikan Tas Anda ke temannya yang juga ada di sekitar lokasi. Dan orang yang menerima tas itu akan pergi meninggalkan lokasi. Kegiatan mengoper tas dari satu orang ke yang lainnya seperti permainan Sepak Bola, makanya modus ini juga biasa dinamakan "nge-bola".

Masih ingat tidak? Kejadian di Hotel Borobudur Tahun 2004 awal ketika beberapa saat setelah kejadian Tsunami di Aceh salah seorang tamu Presiden SBY yang akan menyerahkan bantuan uang untuk rakyat Aceh. Dia kehilangan tasnya yang berisi uang tunai untuk sumbangan bagi masyarakat Aceh. Para pelaku menggunakan modus ini.

Tips untuk menghindarinya : Jika Anda membawa Tas kerja atau Tas berisi barang berharga,jangan meletakkan Tas tersebut, walaupun di tempat yang dekat dengan dan terlihat, misalnya di sebelah Anda. Kelompok ini mempunyai 1001 cara untuk mengalihkan perhatian Anda walaupun hanya sebentar. Letakkan di pangkuan Anda atau di atas meja tepat di hadapan Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tuliskan komentar anda agar kita bisa saling berbagi. Untuk email silahkan kirim ke modus.kejahatan@gmail.com
Silahkan copy paste dengan syarat menuliskan sumber atau alamat Blog ini

Tulisan yang berkaitan

 

TULISAN TERBARU

Pengikut

KOMENTAR TERBARU