Senin, 27 April 2009

TIPS MENGHINDARI AGAR TIDAK KECOPETAN

Sebelum kita membahas tentang Tips cara menghindari kecopetan, berikut hasil pencarian arti copet menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Wikipedia bahasa Indonesia :

Pengertian copet menurut KBBI dengan kategori Sama dengan, Diawali dan Memuat menghasilkan
co-pet / cop├ęt / orang yang mencuri (sesuatu yang sedang dipakai, uang di dl saku, barang yang dikedaikan, dsb) dng cepat dan tangkas; tukang copet; pencopet;

Pengertian copet menurut Wikipedia bahasa Indonesia
Copet adalah suatu aksi kejahatan yang dilakukan dengan cara mengambil barang orang lain di saku atau tas tanpa sepengetahuan atau seijin korban.

Pencopet bisa melakukan aksinya sendiri atau secara berkelompok, sekarang copet biasanya dilakukun berkelompok. Di dunia kejahatan istilah lain untuk copet adalah "nge-bola" atau "pemain bola" karena mereka akan mengoper atau memindah tangankan barang yang dicopet seperti main sepak bola sampai orang terakhir (Kiper).Pembagian tugasnya pun seperti dalam permainan sepak bola: Kapten =otak komplotan copet,pemimpinnya.
Striker =eksekutor/orang yang bertugas mengambil barang berharga korban.
Kiper =orang terakhir yang menerima barang yang berhasil dicopet kemudian menghilang dari TKP.
Jadi jika salah satu anggota komplotan ketahuan korban/warga sekitar, barang bukti sudah tidak ada di tubuhnya. (Mereka pintar ya?)

Pencopet biasanya melakukan aksinya di tempai ramai dan penuh sesak seperti bis umum, kereta KRL, kerumunan penonton di konser musik, angkot, pasar, dsb. Tapi tidak menutup kemungkinan juga beraksi di tempat yang menurut kita bersih dari tindak kriminalitas seperti Mall/super market. Pelakunya bisa siapa saja yang bahkan kita tidak menduganya seperti anak kecil, ibu-ibu, orang yang terlihat lugu, orang yang terlihat rapi dan


berwibawa, orang yang terlihat seperti orang kantoran/pegawai (biasanya bawa koran/tas)cowok ganteng, cewek cantik, dll.

Benda favorit sasaran para copet :
Dompet
Telepon genggam atau Handphone (HP)
Uang
Perhiasan
Ipod/MP3 Player
Barang elektronik/Gadget yang bentuknya kecil
dan barang berharga lainnya yang bernilai jual tinggi

Modus para copet dalam melakukan aksinya :
Berdesak-desakan dengan kita ketika berada di bis umum atau menonton konser musik.
Ketika kita turun dari Bis, mereka ikut turun sambil buka-buka tas kita dari belakang.
Pura-pura muntah, berkelahi, tawarkan pijat refleksi atau mengajak ngobrok ketika di dalam angkot.
Merobek tas atau saku celana kita dengan silet.
Tangan copet langsung merogoh saku atau tas kita.
Beraksi ketika kita tertidur di bis, KRL atau kendaraan umum lainnya.

Tips cara menghindari kecopetan:
1. Tetap yang utama, jangan membawa dan menggunakan barang berharga di tempat umum. Termasuk menerima telepon di tempat umum. Jika Anda selesai menjawab telepon dari teman atau mengirim SMS dengan menggunakan Nokia E90 Anda, eng ing eng...... Para copet pasti akan mengerumuni Anda, seperti pepatah "ada gula, ada semut" menjadi "ada Nokia E90, ada copet". He he he
2. Sebaiknya jangan simpan KTP, SIM, Kartu ATM, Kartu kredit, dsb dalam Dompet, jadi kalaupun Anda kecopetan, barang berharga Anda tidak hilang semua. Pasti repot kalo harus mengurus semua kartu tersebut dalam waktu yang bersamaan.
3. Persulit copet jika ingin mengambil barang berharga Anda. Gunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang tebal/kuat dengan saku yang dilengkapi kancing atau resleting atau celana jeans ketat sehingga copet susah merogoh saku Anda. Bisa juga menyimpannya di saku bagian dalam Jaket Anda.
4. Taruh atau gantungkan Tas Anda di bagian depan sehingga Anda bisa mengawasi Tas Anda sendiri.
5. Jika sangat terpaksa harus membawa uang banyak, Membuat saku rahasia di pinggang celana Anda dan tidak terlihat dari luar.
6. Jika ingin berpergian jangan lupa berdoa.

Pesan saya:
Berhati-hatilah jika ingin menangkap copet, karena mereka beraksi berkelompok. Jangan-jangan nanti malah terbalik, Anda yang difitnah diteriakin Copet dan dipukuli oleh gerombolan copet lalu pergi begitu saja. Daripada konyol, mending pura-pura tidak tahu, kecuali Anda juga sedang berpergian berkelompok dengan teman-teman Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tuliskan komentar anda agar kita bisa saling berbagi. Untuk email silahkan kirim ke modus.kejahatan@gmail.com
Silahkan copy paste dengan syarat menuliskan sumber atau alamat Blog ini

Tulisan yang berkaitan

 

TULISAN TERBARU

Pengikut

KOMENTAR TERBARU